Rabu, 10 Februari 2010

Hidup Seperti Sebuah Permainan

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini tentunya manusia tidak luput dari segala rintangan yang menghadang dan menggangu kehidupan kita. Tapi apakah anda pernah menyadari kalau kehidupan ini seperti saat kita bermain sebuah game petualangan?

Dalam kehidupan manusia di dunia ini tentunya kita berperan sebagai tokoh utama bagi diri kita sendiri. Dimana kita melukisakan kisah kehidupan kita ke dalam kanvas kehidupan, baik dengan warna yang kita sukai maupun dengan warna yang tidak kita sukai. Suka ataupun tidak, semua pengalaman yang pernah kita rasakan dan akan kita rasakan, harus kita jalani dengan baik dan nikmatilah kehhidupanmu…

Di dunia ini, kita berperan sebagai seorang player bagi diri kita sendiri, dimana kita harus mengontrol diri kita sendiri, ke kiri, ke kanan, mundur, atau maju dan kapan kita harus mengeluarkan “tembakan” atau kapan kita harus menggunakan “perisai” untuk menahan serangan “musuh” yang mengganggu kita.

Sebagai seorang player tentunya kita harus menghadapi si “Musuh” dalam permainan kita. Di dunia ini, kita sering kali dihadapkan dengan musuh kita yaitu Dosa, hawa napsu, dan ujian dari Tuhan. Semua itu dapat saya katakan indah apa adanya karena kalau saja kehidupan kita nggak ada yang namanya “musuh” maka mental, iman dan jiwa kita nggak mengalami pendewasaan mental atau pendewasaan iman.

Satu hal yang ingin sekali aku pertanyakan kepada kalian semua. Pernahkah kamu merasakan bahwa semakin dewasanya kamu, maka semakin berat pula kamu harus menghadapi banyak masalah? Aku yakin kalian semua menjawab “Ya”. Mengapa demikian? Di dunia ini, kita akan menghadapi banyak sekali masalah yang silih berganti menerpa kita. Dimana mau atau tidak mau kita harus menghadapi masalah tersebut dan di saat itu pula kita mengalami pendewasaan mental. Dimana kita akan berpikir jalan keluar yang terbaik bagi diri kita dan apabila kita mengalami kesalahan di dalam menghadapi masalah tersebut kita akan mengambil hal positif dari kesalahan tersebut, supaya kita tidak mengambil jalan yang salah kembali saat kita menghadapi suatu masalah. Tuhan akan memberikan kita ujian untuk mendewasakan mental kita ya boleh saya katakana di dalam suatu oermainan inilah yang disebut dengan “Level-up”, dimana musuh yang akan kita hadapi akan semakin sulit kita lawan…

Nobody’s perfect… itu kata yang sering diucapkan oleh orang2 bijak. Dimana tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Sebagai seorang player kita memiliki “Live-up” di dalam permainan kita. Dimana kita diberikan kesempatan sekali lagi untuk memperbaiki permainan kita dan kita berjuang untuk menjadi yang lebih baik lagi. Di dunia ini, kita memiliki kesempatan untuk mengubah atau memperbaiki kesalahan yang pernah kita perbuat dan kita juga harus memberikan kesempatan bagi orang lain yang memiliki kesalahan dengan kita. Apapun kesalahan yang orang lain perbuat, berusahalah untuk memaafkannya dan berikanlah kesempatan baginya untuk berubah…

Bagaimana kalau kita sudah menyelesaikan permainan kita? Kita tentunya mengenal istilah “Top score” di dalam sebuah game. Dimana score yang kita dapatkan adalah nilai yang terbaik dan nilai tinggi yang kita kumpulkan dalam permainan. Kita juga mengenal “Game Over”, dimana kita kalah dalam suatu permainan dan kita hanya mengumpulkan beberapa score di dalam permainan.
Di dunia ini, suatu saat kita akan menghadap ke pada Sang Pencipta, kepadaNya-lah kita akan mempertanggung jawabkan score yang kita kumpulkan selama kita berpetualang di dunia. Lalu, apakah anda akan menjadi TOP SCORE dengan berusaha menjadi yang terbaik bagi diri kita dan sesama kita di dunia ini? Atau anda malah GAME OVER Dengan membawa apa adanya score yang anda miliki? Jawaban pastinya ada di dalam benak anda masing2.

Kalau kita bisa menikmati game petualangan selama berjam-jam… mengapa kita tidak bisa menikmati petualangan hidup kita di dunia ini? Aku berharap dengan adanya tuisanku ini, kalian akan sadar bahwa segala masalah yang pernah, sedang dan akan kalian alami akan kalian hadapi dengan baik dengan hati dan pikiran positif yang tenang serta optimis bahwa kalian bisa menghadapi semua masalah dalam hidup kalian.

Hidup Seperti Sebuah Permainan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar